berita baru

Rabu, 27 April 2011

LOPIS HITAM PUTIH

LOPIS HITAM PUTIH

in Resep Kue Basah by admin — January 18, 2010 at 3:25 | 7 comments




Untuk memasaknya butuh waktu yang lama, tetapi hasilnya adalah ketan yang legit dan kenyal. Untuk variasi buat lopis dari ketan putih dan ketan hitam. Rasanya lebih istimewa dengan siraman kinca nangka.

BAHAN LOPIS:
200 gram beras ketan putih
200 gram beras ketan hitam
2 sdm air kapur sirih
2 sdt garam
daun pisang untuk membungkus
tali untuk mengikat
air untuk merebus
garam

KINCA:
200 gram gula merah, sisir
50 gram gula pasir
400 ml air
3 lembar daun pandan, potong-potong
3 sdm nangka potong dadu 1/2 cm

TABURAN: Campur jadi satu, kukus
1/2 butir kelapa, buang kulit ari, parut memanjang
1/2 sdt garam

CARA MEMBUAT LOPIS HITAM PUTIH:
Lopis: Rendam masing-masing beras ketan secara terpisah selama 2 jam, tiriskan, kemudian aduk masing-masing bersama 1 sdm air kapur sirih dan 1 sdt garam hingga rata. Kukus masing-masing dalam dandang hingga setengah matang, angkat.
Ambil selembar daun pisang, buat contong, masukkan beras ketan (hitam atau putih) kukus ke dalamnya hingga penuh. Tutup dan bungkus bentuk segitiga, ikat dengan tali erat-erat supaya daun tidak sobek sewaktu direbus. Lakukan langkah yang sama untuk semua sisa bahan.
Rebus ketan hitam dan putih yang sudah dibungkus dalam panci berisi air yang sudah digarami secara terpisah hingga bungkusan terendam seluruhnya. Masak selama kurang lebih 4 jam. Bila air perebusnya habis, tambahkan air panas secukupnya. Setelah cukup matang, angkat, tiriskan, biarkan dingin.
Kinca: Taruh gula merah, gula pasir, air dan daun pandan dalam panci. Masak hingga larut dan mengental. Masukkan nangka, aduk sebentar, angkat.
Penyajian: Buka lopis dari daun pembungkusnya, taruh di atas piring saji taburi kelapa parut dan tambahkan kinca.

1 komentar:

  1. Wynn Casino, Las Vegas - Mapyro
    Welcome to the Wynn Hotel. This beautiful resort is 하남 출장마사지 located 충주 출장샵 1 km 보령 출장마사지 from the Las Vegas Strip. This 5-star resort 경산 출장샵 is adjacent to Wynn and within 평택 출장안마 3 km from Sands Expo

    BalasHapus